Sendratari Mahakarya Borobudur

Sinopsis
Adegan 1:

Suasana hati dalam kehidupan cenderung berubah bagai Cakra Manggilingan, yang menggambarkan keserakahan, keangkaramurkaan, saling menindas yang mengakibatkan kacau dan suasana mencekam. Kehadiran Rakai Panangkaran yang dikenal sebagai sosok spiritualis tanggap terhadap kehidupan manusia yang perbuatannya tidak terpuji, untuk itu maka ia mengajarkan tentang jalan kehidupan yang baik. Ajaran tersebut dalam bentuk batu berundak (Candi) yang berisi ajaran hidup Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu.





Adegan 2:
Suasana kerakyatan dan kegotongroyongan, kebersamaan dan semangat masyarakat di lereng Bukit Menoreh dalam mengawali pembangunan Candi Borobudur. Kemudian muncul gangguan dari makhluk halus yang mengakibatkan penderitaan rakyat. Para punggawa kerajaan dan Bhiku segera mengambil tindakan untuk mengusir roh-roh jahat.





Adegan 3:
Raja Samaratungga bertekat untuk menyelesaikan pembangunan Candi, dengan bantuan dan dukungan segenap rakyat secara bersatu padu bekerja keras untuk menyelesaikan bangunan Candi Borobudur.








Adegan 4:
Raja Samaratungga, para punggawa dan segenap masyarakat bersyukur atas selesainya pembangunan Candi Borobudur dengan bersimpuh dan berdoa di bawah pimpinan para Bhiku untuk perdamaian dan kedamaian hidup.







Sejarah Mahakarya Borobudur ketika sejarah datang untuk tinggal. Sebuah acara spestacular membawa Anda pada pengembaraan sensorik melalui kinerja yang luar biasa cahaya dan suara dan 250 penari tradisional Jawa. Anda akan berkedip kembali sejarah selama waktu saat ini keajaiban dunia kuno atau pernah pusat kerajaan yang kuat.











Tempat Pertunjukan :
Panggung Terbuka Aksobya CANDI BOROBUDUR Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

Category:

Pages

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...