Pasukan Yaman Tembak Mati 20 Demonstran

Sanaa - Korban jiwa terus berjatuhan akibat kekerasan pasukan Yaman terhadap para demonstran antipemerintah. Sedikitnya 20 demonstran tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan Yaman.


Bentrok berdarah itu terjadi ketika pasukan Yaman berupaya membubarkan massa demonstran yang telah empat bulan menggelar aksi unjuk rasa di Kota Taiz, kota terbesar kedua di Yaman.

"Setidaknya 20 demonstran telah tewas," kata seorang koordinator demonstrasi kepada kantor berita AFP, Senin (30/5/2011).

Peristiwa itu terjadi ketika tentara dan pasukan Garda Republik Yaman dikerahkan untuk mengusir para demonstran yang menduduki Lapangan Kebebasan di pusat Kota Taez pada Senin dini hari waktu setempat. Massa telah menggelar demo dan berkemah di lapangan tersebut selama berbulan-bulan.

Menurut paramedis, sekitar 20 demonstran tewas ditembak pasukan keamanan Yaman. Polisi juga membakar beberapa tenda demonstran dan menggunakan meriam air dan gas air mata untuk membubarkan para demonstran.

Meski terus didemo selama beberapa bulan terakhir, namun hingga kini Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh menolak untuk mundur. Ratusan orang telah tewas selama pergolakan yang melanda Yaman sejak akhir Januari lalu.


detikNews

Category:

Pages

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...