Candi Borobudur


Sejarah mencatat bahwa Borobudur adalah candi terbesar yang pernah dibangun untuk penghormatan terhadap Sang Buddha. Bayangkan sebuah bangunan persegi mencapai ketinggian 14.000m untuk 35,29 m. Cri Kahuluan sebuah prasasti dari abad sembilan (824 M) yang diteliti oleh Prof Dr JG Casparis mengungkapkan silsilah Syailendra yang berkuasa tiga berturut-turut pada waktu itu, Indra Raja, Anak Samaratungga.
Kemudian, putrinya disebut Samaratungga Pramodawardhani. Pada awal ini raja Samaratungga membangun sebuah kuil bernama: Bhumisan-Bharabudhara, yang diduga berarti tingkat barrow, bukit atau bangunan yang diidentikan disebut vihara kamulan Bhumisambharabudhara, yang berarti sebuah kuil leluhur dan dinasti Syailendra di perbukitan. Lokasi candi ini terletak di perbukitan di desa Borobudur, Mungkid, Magelang atau 42 km di selatan kota Yogyakarta. Dikelilingi oleh Hill Manoreh longitudinal dari timur ke barat. Sementara di timur adalah Gunung Merapi dan Merbau, dan sisi barat dan ada Gunumg Sumbing Sindoro. Dibutuhkan tidak kurang dari 2 juta blok batu andesit 50.000m, setara dengan persegi untuk membangun Candi Borobudur. Berat keseluruhan candi mencapai 3,5 juta ton. Seperti kebanyakan bangunan candi, Bororbudur memiliki 3 bagian bangunan, kaki, tubuh dan atas. Kaki bangunan disebut Kamadhatu, yang menceritakan kesadaran penuh dengan kualitas semangat dan kebinatangan. Kemudian Ruphadatu, yang berarti tingkat kesadaran manusia yang masih terikat nafsu, materi dan bentuk. Sementara Aruphadatu tidak lagi terikat nafsu, materi dan bentuk digambarkan dalam bentuk stupa utama kosong. Ini hanya dapat dicapai dengan keinginan dan kekosongan.


The Legent of Mahakarya Borobudur when history comes to live.
Aspectacular show that takes you on a sensory adyssey through magnificent performance of light and sound and 250 Javanese traditional dancer. You will be flash back in history during a time when this ancient wonder of the world was once centre of powerful kingdom.
Date perfomance :
Saturday, 22 May 2010
7.00 - 9.00 pm at Panggung Terbuka Aksobya CANDI BOROBUDUR Magelang, Central Java, Indonesia.



Category:

Pages

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...